<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d28801414\x26blogName\x3dabuhukma\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://abuhukma.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://abuhukma.blogspot.com/\x26vt\x3d3501705340879873369', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>


abuhukma

Tuesday, January 23, 2007

Health Journal | Medical Equipment | Indonesian Cuisine | First Aid | Dialysis Machine | Ultrasound | Nursing Agency |

daurah qiyadiyah pip pks kuwait



Alhamdulillah, acara daurah qiyadiyah bisa terselenggara dengan lancar, yang dimulai pada pukul 9 pagi waktu setempat sampai dengan jam 4 sore, bertepatan dengan tahun baru 1428 hijriyah, 20 januari 2007. Sebagian besar pengurus bisa hadir dan mengikuti acara sampai selesai, acara dibuka dengan tilawah al-qur'an oleh qori, Akh Fitra, dari bidang dakwah, kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dan sekaligus membuka acara oleh ketua pip pks Kuwait yang baru Akh Nur Aziz lc. Daurah pertama Abu Ridho, anggota dewan penasehat pip pks kuwait membahas materi tentang manajemen dan kepemimpinan menurut Sirah Nabawiyah, beliau meyampaikan dalam bentuk makalah tentang prototipe pemimpin-pemimpin Islam yang telah sukses memimpin, mulai dari Rasulullah SAW, Khulafaur rashidin, sampai Pemimpin di abad 20 As shahid Hassan Al-Banna, kemudian dilanjutkan dengan session pertanyaan, peserta daurah akh Edi dari kontingen Tekhnisi helikopter bertanya; apakah wajar bagi pengurus sebuah partai dakwah mendapatkan upah atau gaji? kemudian di jawab oleh Abu Rido, pemateri, upah, imbalan atau gaji dalam sebuah partai, lembaga atau haiah khoiriyah bukan sesuatu yang tabu, karena sudah ada persentasinya, dan yang termasuk mustahik zakat(amilin), kemudian dilihat dari sirah, khulafaur rashidin juga di gaji dari baitul mal.Materi yang kedua disampaikan oleh ketua PIP PKS Kuwait sendiri, akh Nur Aziz lc,dengan tema profil pks dan job description, beliau menyinggung tentang kepengurusan pks di luar negeri, dalam masalah struktur kepengurusan tidak ada aturan baku dari pusat dan diberikan keluasan, otonomi sebesar mungkin bagi kita untuk membentuk struktur kepengurusan sesuai dengan kondisi dan iklim setempat. Sesuai dengan amanat munas tahun 2005, yang waktu itu ikut hadir perwakilan dari kuwait, target pemenangan pemilu tahun 2009, kita harus mempunyai kader 1,6 juta kader, dengan target 20 juta pemilih, dan masuk katagori 3 besar.
Walaupun sepintas perolehan suara kelihatan mudah, tapi kenyataannya merupakan tugas yang berat yang perlu kerja keras, tapi pip pks kuwait tak kalah potensinya di banding perwakilan lain di luar negeri, yang jumlah kader intinya relatif banyak, di negara lain contohnya UK, kader inti hanya berjumlah 5 orang, di pakistan hanya 4 orang menurut data tahun 2005.Pemilu 2009 diambang pintu, beliau memberikan pesan dan amanat untuk pencapaian kader baru sebesar-besarnya, kalaupun kondisi emergency minimal one get one sesuai amanat munas dulu.
Daurah ketiga, disampaikan oleh Bapak Deni Lesmana Mkom, beliau seorang diplomat KBRI Kuwait yang diutus deplu, walaupun dalam usia yang relatif masih muda tapi dalam berkarir beliau termasuk orang yang sukses, pengalaman organisasi tak diragukan, mantan aktifis HMI ini pernah ditugaskan di Dili, dan pernah juga jadi dosen di UI. Beliau di minta oleh Partai keadilan sejahtera untuk mengisi materi tentang birokrasi dan pemerintahan. Dalam waktu kurang lebih satu setengah jam beliau menyampaikan materi tentang diplomasi luar negeri, tanpa teks. Sungguh menarik materi yang beliau sampaikan, bisa dibilang dia pakarnya dalam bidang tersebut, Selain beliau memiliki beberapa spesialisasi dalam ilmu yang lain, sastra arab dan sejarah islam. Beliau memaparkan dari awal tentang birokrasi, Max Webel mempunyai peran besar dalam lahirnya sebuah birokrasi, walaupun sebelumnya telah lahir cikal bakal birokrasi pada zaman hamurrabi, Yunani, kemudian Zaman pergeseran budaya timur ke barat. Ada tiga poin dalam birokrasi, pertama; Pendelegasian wewenang, kedua, pemisahan bidang-bidang tertentu dan ketiga impersonalitas( menanggalkan baju pribadi). Tujuan utama birokrasi adalah untuk memakmurkan dan membuat kestabilan.Teorinya, normatif, caranya: ada yang evolusi dan ada yang revolusi. Kemudian beliau melanjutkan ke pembahasan tentang diplomasi publik. Tugas seorang diplomat ada 5:Pertama: Representating, kedua: Promoting ketiga: Protecting keempat:Negotiating kelima:Reporting. Manfaat dari diplomasi akan dirasakan oleh seluruh komponen masyarakat.berangkat dari itu, tugas diplomasi adalah bukan semata-mata tugas seorang diplomat, tapi juga tugas bagi seluruh warga negara indonesia yang berada di luar negeri, bagaimana membikin imeg yang baik, tentang citra indonesia, memberikan perlindungan dan bantuan bagi warga negara indonesia, dan melapotkan kejadian-kejadian yang istimewa kepada KBRI. Karena Indonesia termasuk negara ketiga yang sukses dalam demokrasi di dunia. Setelah panjang lebar memaparkan materi, karena waktu yang tidak mengizinkan, pembahasan selesai setelah menjawab beberapa pertanyaan dari peserta daurah. Materi ke empat disampaikan oleh Siswanto, ketua Indonesian national nursing association in kuwait(INNAK), tak kalah penting dan menarik dari materi sebelumnya, beliau telah malang melintang dalam dunia organisasi, walaupun singkat tapi padat dan mengena sasaran materi yang disampaikan beliau, manajemen organisasi. Jam 4 Pm acara selesai di tutup dengan doa, dan foto-foto, daurah qiyadiyah ke dua akan di lanjutkan pada bulan februari.Mudah-mudahan ilmu yang kami dapatkan diaplikasian dalam bentuk amal.Amiin.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home