<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d28801414\x26blogName\x3dabuhukma\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://abuhukma.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://abuhukma.blogspot.com/\x26vt\x3d3501705340879873369', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>


abuhukma

Thursday, March 08, 2007

Health Journal | Medical Equipment | Indonesian Cuisine | First Aid | Dialysis Machine | Ultrasound | Nursing Agency |

Ketika sesuatu ada yang lebih penting

Adakah sesuatu hal yang menjadi prinsip dalam hidup anda? Mungkin banyak, bisa jadi hal tersebut termasuk disiplin dan professional dalam kerja, hemat dalam mengatur uang belanja, atau harus makan dengan makanan empat sehat lima sempurna atau bisa juga harus berolah raga setiap hari, atau termasuk juga harus medical check up minimal 3 bulan sekali, atau liburan musim panas bersama keluarga merupakan sesuatu yang penting. Tapi apakah ada yang lebih penting dibalik semua kepentingan itu? Bagaimana halnya dengan sholat bagi seorang muslim, termasuk kepentingan yang keberapa? Apakah itu termasuk hal yang prinsip dan pokok dalam hidup kita ataukah hal yang biasa, atau hal yang sudah dilupakan sekian lama ini.
Ketika saya melihat iklan-iklan di pinggir jalan di pasang, kadang juga ditempel di public transport, saya merasa heran kok ada iklan mengajak seeorang untuk sholat, dipasang di mobil, di pinggir jalan dan di keramaian, tidak ada muatan komersial seperti halnya iklan lain. Selidik-demi selidik saya menemukan jawabannya. Belakangan ini kementrian agama Kuwait telah mengadakan sensus kepada masyarakat Kuwait tentang sholat wajib 5 waktu, hasil sensus yang didapat sungguh sangat mencengangkan, ternyata sebagian besar masyarakat Kuwait, telah meninggalkan kewajiban sholat 5 waktu, sebagian besar beralasan malas dan sibuk tidak mempunyai waktu, sebagian kecil telah melupakan dalam hidupnya, dan ada juga yang mengingkari terhadap wajibnya sholat.
Ada yang tidak sempat untuk shalat karena hari-harinya sibuk dan padat dalam beraktifitas di dunia kerja, ada yang malas karena mungkin ada penyakit dalam hatinya, ada yang sholat tapi tambal sulam, tidak utuh lima waktu, ada yang sholat tapi suka di akhir waktu.Padahal sudah jelas sholat itu sesuatu yang wajib bagi seorang mu’min dengan waktu-waktu yang telah ditentukan. Dan amalan yang paling pertama kali di hisab adalah sholat.Banyak terjadi kerusakan di bumi darat dan laut ini karena ulah manusia, pengrusakan ekosistem, peperangan, genocide dsb karena ulah tangan manusia, Dengan sholat yang benar sedikitnya kita telah berpartisipasi dalam mencegah kerusakan dan kemunkaran.
Di era globalisasi ini dengan pengaruh positif dan negatifnya yang beraneka ragam telah menjadikan gaya hidup kita berubah dengan gaya hidup generasi terdahulu, anak-anak disibukkan kesehariannya dengan pelajaran sekolah yang rumit dan menyita waktu serta fikiran, karyawan waktunya habis untuk mencari nafkah pergi pagi pulang sore untuk kelangsungan hidup mereka dan masa depan anak-anaknya di sela persaingan hidup yang semakin sulit, kadang juga harus melibatkan istri untuk bekerja di luar karena suami tidak cukup untuk membiayai keluarga. Para istri yang tinggal di rumah diamanahi untuk mendidik anak-anak mereka disibukkan dengan dunia entertainment, fashion dan film. Sehingga wajar syiar-syiar Islam sudah tidak nampak lagi di pribadi-pribadi dan keluarga-keluarga muslim, karena kehidupan mereka sudah sangat jauh dari apa yang islam ajarkan.
Itu hanya satu dari prinsip islam yang pokok, sholat, masih banyak prinsip-prinsip islam yang lain yang telah hilang dari tubuh pribadi-pribadi muslim seperti, puasa, zakat, kewajiban menutup aurat bagi wanita, dan meninggalkan yang dilarang dalam agama. Tidak ada kata terlambat selama kita masih mempunyai kesempatan hidup mulailah kita perbaiki diri sendiri, mulailah kita berlomba-lomba dalam kebaikan, sudah sampai mana bangunan rumah kita di surga? Dan sudah sampai mana investasi masa depan kita di akhirat?


2 Comments:

  • betul bgt Mas Sandi...
    miris bacanya krn ngalamin juga...
    Gimana caranya membuat "TAHU di OTAK" menjadi "YAKIN di HATI"
    tx untuk perenungannya

    By Blogger NiLA Obsidian, At 9:42 PM  

  • Niatnya aja diperkuat.(Allah berfirman, Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh untuk mencari keridhoan kami, benar-benar akan kami tunjukkan kepada mereka jalan kami. Dan Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik(q.s al-ankabuut 69)
    karena rasul saw bilang setiap segala sesuatu tergantung dari niat, barang siapa hijrah karena Allah dan Rasulnya, maka hijrahnya karena Allah dan rasulnya, barangsiapa hijrahnya karena selain itu maka hijrahnya kepada apa yang dia tuju.

    By Blogger Sandi, At 4:11 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home